Cara Mengatasi Kepala Anak Terbentur

In Anak, Kesehatan Bayi 23 views
Kepala Anak Terbentur

Ilustrasi ketika kepala anak terbentur.

Cara Mengatasi Kepala Anak Terbentur -. Bunda pernah tidak mengalami kejadian buah hati yang kepalanya terbentur? Tak peduli seberapa waspada dan hati-hati Mom menjaga si kecil, cidera anak seperti terbentur benda keras acap kali tak bisa dihindari.

Menurut data satistik tahukah Bunda bahwa benturan dikepala atau yang disebut dengan istilah kedokteran sebagai ‘trauma kepala’ yang melanda anak kurang dari lima tahun kejadiannya sering terjadi di rumah. Ini apa artinya

Bunda tak boleh lengah dalam menjaga anak saat dirumah, terutama jika si baby masih berusia kurang dari satu tahun. Penting bagi bunda untuk mengetahui Cara Mengatasi Kepala Anak Terbentur, serta bagaimana mencegahnya terjadi.

Untungnya loh Bunda sebagian anak hanya mendapatkan luka ringan yang penanganannya bisa dilakukan dengan pemberian kompres dingin dan sebuah kecupan, Namun dapat pula benturan bisa menimbulkan luka parah seperti gegar otak.

Penyebab Terjadinya Benturan

Benturan bisa terjadi dimana saja, misalnya saat anak bermain dimana secara tak sengaja bertrabarakan dengan temannya. Atau terbentuk tiang tempat tidur, jatuh dari tempat tidur, atau terbentur dengan benda keras lainnya.

Penggolongan Trauma Kepala

Trauma pada kepala di kategorikan dalam beberapa tingkatan, diantaranya:

  • Trauma kepala ringan, setelah benturan kondisi anak masih baik, tidak ada luka, muntah, atau kejang. Bisa juga terjadi benjolan.
  • Trauma kepala sedang, disebut juga gegar otak, kesadaran anak bisa menurun tapi hanya sebentar. Biasanya anak tak mengingat kejadian yang dialaminya.
  • Trauma kepala berat, sikecil bisa tak sadarkan diri dalam waktu yang cukup lama, tanda lainnya adalah mengalami muntah, kejang, timbul pendarahan, atau keluarnya cairan melalui telinga.

Pertolongan Pertama Saat Buah Hati Mengalami Benturan Di Kepala

Pertolongan pertama anak yang kepalanya mengalami benturan:

  • Jika benturan menyebabkan pendarahan hebat
BACA JUGA !!!  Bila Bayi Susah Makan

Jika situasi seperti ini maka Bunda tidak perlu panik, segera ambil handuk atau perban bersih dan kemudian menempelkannya pada luka sambil memberikan penekanan selama beberapa menit ya Bund.

  • Jika benturan menghasilan goresan atau pendarahan ringan

Bunda cukup membasuh luka yang dihasilkan dengan air sabun atau air hangat secara lembut. Kemudian oleskan lotion antibakteri yang ditutupi dengan perban.

  • Jika benturan menghasilkan benturan

Jika benjolan terbentuk akibat benturan dan si kecil tampak tidak mengalami rasa sakit yang parah maka Bunda tinggal mengompresnya dengan handuk yang diberi es batu. Pemberian es batu ini bisa mengurangi terjadinya peradangan.

Anda harus segera pergi ke dokter jika:

  • Benturan menghasilkan luka yang menganga maka luka ini biasanya perlu dijahit
  • Pendarahan tidak kunjung berhenti setelah anda menekan luka dengan kain bersih beberapa menit
  • Si kecil terus menangis akibat benturan
  • Anak anda jatuh akan tetapi yang mendarat lebih dahulu adalah kepalanya

Upaya Pencegahan

Cara menecagh terjadinya benturan kepala pada anak

  • Gunakan pelindung bayi atau biasa dikenal sebagai ‘Babyproof’
  • Jangan tinggalkan bayi Anda seorang diri disekeliling funitur yang keras seperti meja, lemari, dan kursi.
  • Selalu gunakan kereta bayi atau stroler meskipun berada di dalam rumah
  • Jangan gunakan ‘baby walker’ sebab umumnya jika anak diletakkan pada alat ini mereka selalu aktif naik dan turun dan hal ini bisa mendorong terjadinya benturan.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Cara Mengatasi Kepala Anak Terbentur. Semoga dapat bermanfaat ya Bunda.

Sumber : www.nhsinform.scot

Tags: #anak #kepala anak #kepala anak terbentur #parenting

No related post!

Leave a reply "Cara Mengatasi Kepala Anak Terbentur"

Must read×

Top