Mengatasi Puting Susu Lecet Saat Menyusui

In Bayi, Menyusui 65 views
mengobati-puting-lecet-saat-menyusui

Seorang ibu muda sedang menyusui bayinya di dekat jendela pada hari yang cerah

Puting Susu Lecet Saat Menyusui si Kecil – Halo bundaku sayang, semoga bunda dalam keadaan sehat selalu yah, Amin. Kali ini saya akan berbagi info seputar puting susu yang mudah lecet saat menyusui si kecil. Oke, setelah bunda melahirkan, kini bunda benar – benar menjadi ibu dari sikecil atau jadi Wonder Woman. Rasa bahagia yang tak kunjung habisnya saat melihat sikecil terlahir sehat. Saat itulah kewajiban bunda mempunyai tanggung jawab atau tugas untuk merawat si kecil, termasuk untuk memberikannya ASI (Air Susu Ibu). ASI mempunyai peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan seorang bayi. Didalam cairan ASI terdapat banyak sekali asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang bayi untuk tumbuh dan kembangnya metabolisme bayi.

Saat bunda hendak menyusui tatkala akan menemukan berbagai rintangan atau kesulitan. Salah satu problem yang sering bunda alami saat menyusui adalah lecetnya puting dan terasa nyeri. Keadaan seperti ini tidak sedikit yang membuat bunda membatalkan untuk menyusui si kecil. Puting susu lecet sebaiknya jangan dibiarkan atau dianggap remeh, dan sangat penting bagi bunda untuk segera mengatasinya supaya bunda dapat menyusui si kecil kembali dengan normal. Simak pembahasan di bawah ini, bagaimana cara mengatasi puting susu lecet saat menyusui.

Penyebab Lecetnya Puting Susu Saat Menyusui Bayi

Supaya dapat mengetahui cara untuk mengatasi atau mengobati puting susu lecet secara tepat, Bunda wajib mengenali terlebih dulu beberapa faktor kondisi yang dapat memicu puting susu lecet seperti di bawah ini:

Infeksi Jamur

Masalah ini akan terjadi jika di dalam mulit bayi terdapat jamur dan kemudian menempel pada puting sang bunda saat menyusui. Dampaknya puting bunda akan mengalami lecet dan terinfeksi jamur. Selain itu, keadaan seperti ini juga disertai gejala atau tanda – tanda lainnya, seperti terasa gatal di area puting, ruam kemerahan, mengkilapnya pada area puting dan payudara terasa nyeri saat menyusui atau sebelumnya.

Saluran Pada Susu Tersumbat

Kondisi seperti ini dapat ditandai dengan adanya lapisan kulit tipis dibagian atas pada saluran susu. Lapisan kulit tipis tersebut dapat berwarna kuning atau putih. Apabila saluran susu mengalami penyumbatan, maka dipastikan membuat ASI akan susah keluar, sehingga sang buah hati akan menghisapnya dengan kuat untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Pada akhirnya bunda akan merasa sakit di area puting susu.

Tali Lidah

Tali lidah adalah selaput penghubung antara bagian dasar mulut dan lidah bagian bawah. Jika selaput tersebut terlalu panjang atau pendek saat meregang, proses bunda menyusui bayi akan mengalami permasalahan dan dapat dipastikan akan menyebabkan puting bunda lecet.

BACA JUGA !!!  Bila Bayi Susah Makan

Puting Melepuh

Dalam kondisi disaat puting susu lecet dapat dipastikan juga karena pengunaan pump ASI atau posisi menyusui yang salah atau tidak tepat. Gesekan saat menyusui atau memompa ASI dapat menimbulkan pelepuhan pada puting susu. Keadaan tersebut ditandai dengan rasa sakit saat menyusui. Selain itu, puting susu yang melepuh biasanya mengeluarkan berupa cairan yang berupa darah, bening, atau kuning.

Proses Menyusui Yang Tidak Tepat

Dari beberapa penyebab di atas, puting lecet dan terasa nyeri bisa disebabkan karena posisi peletakan yang tidak pas pada saat proses menyusui si kecil. Dimana puting dan lingkaran sekitar puting pada bagian payudara tidak masuk secara keseluruhan pada mulut si bayi. Akibatnya si bayi akan menghisap hanya di bagian puting susu, bukan di payudara. Pada awalnya keadaan seperti ini hanya membuat sakit dan tidak nyaman. Namun, dibiarkan terus menerus seperti ini, tentunya dapat membahayakan puting bunda.

mengobati puting lecet saat menyusui

Kasih sayang bunda saat menyusui sang buah hati.

Cara Mengatasi Puting Susu Lecet

Kondisi puting susu yang lecet pada biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, asalkan untuk perawatannya dengan cara yang baik dan benar dan konsisten untuk melakukannya. Berikut beberapa tips cara mengatasi puting susu lecet ketika menyusui.

  • Saat keadaan puting susu sedang lecet, sebaiknya bunda menjaga keadaan puting supaya tidak terlalu kering. Bunda juga harus menghindari pemakaian sabun di area puting. Penggunaan sabun dapat memicu puting payudara lecet. Disebabkan sabun mengandung soda yang bisa menimbulkan lecet pada puting. Disaat mandi, bunda cukup membersihkannya dengan mengguyurkan air tanpa pemakaian sabun.
  • Lebih baik bunda menggunakan bra dari bahan katun, agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Hindari pemakaian bra yang memiliki lapisan plastik pada bagian dalamnya. Karena model bra seperti itu bisa menjadi salah satu penyebab puting susu lecet.
  • Setelah bunda selesai menyusui dedek bayi, bunda bisa memeras ASI kurang lebih dua tetes. Setelah itu bunda bisa meggosokannya di sekitar area puting secara lembut supaya terasa nyaman.
  • Sebelum bunda mengenakan pakaian, biarkan terlebih dahulu puting susu hingga dalam keadaaan benar-benar kering.
  • Sering-sering untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C. Selain baik untuk mencegah penyakit batuk dan pilek, vitamin C juga bisa membantu mencegah infeksi, serta dapat menyembuhkan penyakit kulit dengan cepat. Bunda bisa mengkonsumsi buah-buahan, contohnya kiwi, storberi, jeruk, rapsberi dan lemon.
  • Cara lain yang lebih efektif ialah dengan mengompres handuk hangat di area payudara atau puting susu yang lecet, hal tersebut dapat membantu merilekskan kulit.
BACA JUGA !!!  Minuman Sehat Buat Ibu Hamil

Apabila keadaan puting susu semakin parah, hingga sampai menghambat bunda menyusui, segeralah bunda untuk berkonsultasi dengan dokter yang berkompeten dibidangnya. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan bunda untuk menjalani pengobatan dengan tepat sesuai dengan kondisi bunda.

mengobati puting lecet saat menyusui

Chin to Breast

Cara Menyusui Dengan Benar, Supaya Puting Susu Tidak Lecet

Banyak sekali bunda yang belum mengerti mengenai teknik menyusui yang benar dan baik. Teknik menyusui yang salah merupakan pemicu utama puting lecet dan terasa nyeri. Kondisi seperti ini tentu dapat menyebabkan masalah disaat proses menyusui. Bayi tidak akan mendapatkan asupan yang cukup, karena ASI tidak dapat keluar secara maksimal.

Cara menyusui dengan baik dan benar, sebaiknya melakukan pergantian secara teratur anatara kedua payudara. Jangan fokus hanya pada satu payudara. Okey, berikut ini adalah cara menyusui dengan baik dan benar, supaya puting susu tidak lecet.

  • Disaat proses menyusui, bunda wajib memperhatikan posisi menyusui dengan benar. Jangan jauhkan bayi dari badan atau dada bunda. Bagian perut atau dada bayi harus menempel dengan perut atau dada bunda.
  • Wajah si kecil dipastikan untuk menghadap ke payudara bunda. Dan usahakan leher bayi tidak menghadap ke bagian depan. Posisi ini disebut dengan posisi chin to breast. Dalam posisi ini pastikan dengan benar-benar, dagu bayi harus menempel dengan payudara bunda.
  • Posisikan badan si kecil menghadap ke arah badan bunda. Dan posisi telinga bayi harus sejejar dengan bagian leher, serta lengannya.
  • Bunda harus menyangga tubuh bayi dengan kuat dan benar, bukan cuman kepala dan leher yang disangga, seharusnya seluruh tubuh si kecil harus ditopang bunda dengan kuat dan nyaman. Supaya proses menyusui terasa nyaman.
  • Perlu diingat yah bunda, proses menyusui bisa menjadikan momen dimana momen tersebut dapat meningkatkan ikatan batin antara bunda dengan si buah hati. Sehingga saat proses menyusui bunda disarankan untuk melakukan kontak mata dan selalu berinteraksi dengan buah hati bunda.
  • Bunda wajib memperhatikan posisi kepala si kecil. Pastikan untuk posisi kepala bayi sudah pas dan benar. Posisi kepala bayi harus berada di lengan bunda, bukan di siku bunda.

Untuk masalah puting payudara lecet disaat menyusui, biasanya tidak dapat menyebabkan komplikasi. Tetapi meski begitu, bukan berarti bunda menghiraukan kondisi tersebut. Apabila payudara bunda mengalami pembengkakan, hingga tidak berujung redah meski sudah bunda kompres dengan handuk hangat, maka sebaiknya segera bunda berkonsultasi dengan dokter yang ahli pada bidangnya.

ASI memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan si anak dan bunda. Dari air susu ibu kebutuhan nutrisi bayi bisa terpenuhi. Karena itu, kondisi puting payudara lecet jangan dijadikan sebuah alasan bagi bunda untuk tidak memberikan ASI kepada buah hati bunda.

Saya berharap dengan adanya Tips mengatasi puting susu lecet saat menyusui dapat membantu bunda, semoga artikel saya bermanfaat bagi semua bunda dan buah hatinya.

Sumber: Kellymom.com | Breasfeeding.support

Tags: #asi #bayi #bumil #busui #menyusui

Bila Bayi Susah Makan
Bila Bayi Susah Makan
Bila Bayi Susah Makan – Waduh. Pusing
  1. author

    Yuni Anindita4 months ago

    Artikelnya sangat bermanfaat terima kasih sudah berbagi.

    Reply
    • author
      Author

      admin4 months ago

      Terima kasih sudah membaca artikel saya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah ^_^

      Reply

Leave a reply "Mengatasi Puting Susu Lecet Saat Menyusui"

Must read×

Top