Olahraga Yang Dapat Membantu Proses Persalinan

In Kehamilan, Persalinan 56 views
Olahraga Yang Dapat Membantu Proses Persalinan

Ilustrasi Olahraga Yang Dapat Membantu Proses Persalinan

Bagi Para Ibu Hamil, Lakukan Beberapa Olahraga Yang Dapat Membantu Proses Persalinan – Saat dalam masa hamil, para ibu hamil mungkin merasa kesulitan untuk berolahraga karena kondisi perut yang semakin besar. Namun, ada beberapa pilihan olahraga bagi para ibu hamil yang terbukti aman dan dapat membantu proses persalinan secara normal nantinya.

Dengan segala perubahan drastis pada mood dan bentuk badan, ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga. Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, membuktikan bahwa 85 persen wanita hamil yang melakukan olahraga secara rutin akan mengalami penurunan risiko terserang penyakit preeklamsia, hipertensi, dan diabetes gestasional.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat nyata dari melakukan olahraga bagi para ibu hamil, mulai dari mengontrol berat badan, mengurangi rasa sakit dan mempersiapkan kelahiran, mengurangi komplikasi saat akan melahirkan, hingga mempersiapkan mental para ibu hamil untuk menerima perubahan pada tubuhnya. Singkatnya, dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin, dapat membantu ibu hamil menerima berbagai macam perubahan yang dapat terjadi selama 9 bulan mengandung.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh para ibu hamil agar dapat membantu proses persalinan nantinya.

Jalan santai Pagi

Jalan santai pagi

Ilustrasi Jalan santai pagi

Jalan santai pagi adalah olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Udara segar dan aktivitas jalan pagi hari akan membantu melancarkan peredaran darah, menstimulasi pergerakan otot-otot agar lebih rileks, dan membantu memosisikan bayi senyaman mungkin di dalam kandungan.

Menurut beberapa hasil dari penelitian, ibu hamil disarankan untuk melakukan aktivitas jalan pagi 15-30 menit selama tiga kali dalam seminggu, kemudian menambah durasinya menjadi 60 menit. Ibu hamil bahkan bisa melanjutkan jalan pagi di trimester ketiga kehamilan.

Yoga

Yoga Hamil

Ilustrasi Yoga Hamil

Yoga merupakan olahraga yang paling disarankan untuk para ibu hamil. Melalui yoga inilah, ibu hamil tidak hanya bisa melatih fleksibilitas, meregangkan otot-otot yang tegang, tetapi juga melatih pernapasan. Keseimbangan fisik dan emosi sangat penting selama masa kehamilan, dan yoga adalah olahraga untuk para ibu hamil yang paling cocok. Selain memudahkan jalan lahir, manfaat yoga juga bisa dirasakan setelah proses kelahiran nantinya.

BACA JUGA !!!  Makanan Yang Cocok Buat Ibu Hamil

Berenang

berenang saat hamil

Ilustrasi berenang saat hamil

Melakukan renang adalah olahraga santai yang mampu merelaksasi ibu hamil karena latihan fisik yang dilakukan di dalam air. Renang sangat baik untuk mengatasi pegal pada panggul, tulang ekor, lengan, dan paha. Gerakan pada olahraga renang yang dinamis namun bisa meminimalisir risiko cidera, membuat renang menjadi olahraga untuk para ibu hamil yang paling disarankan.

Waktu yang ideal untuk melakukan olahraga renang selama masa kehamilan adalah 2-3 kali seminggu dengan durasi kurang lebih selama 30-45 menit. Pastikan bahwa para ibu hamil mengetahui batasan diri dengan mengambil istirahat ketika merasa lelah.

Bersepeda Indoor

bersepeda indoor saat hamil

Ilustrasi bersepeda indoor saat hamil

Bersepeda dalam ruangan bisa menjadi olahraga yang bermanfaat pada masa kehamilan. Ibu hamil bisa mengayuh kecepatan sesuai dengan kapasitas dan kecepatan yang diinginkan dengan risiko yang minim. Tak perlu berhadapan dengan lalu-lintas dan pengendara di jalan. Perlu diingat, tujuan bersepeda di dalam ruangan bukanlah untuk mengejar rekor ataupun target waktu, tetapi hanya untuk sebatas kesehatan.

Aerobik

Aerobik saat hamil

Ilustrasi Aerobik saat hamil

Aerobik tergolong olahraga untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan. Melakukan aktivitas fisik dan diiringi oleh beberapa musik dapat menjadi hal yang meningkatkan suasana hati atau mood, meningkatkan kombinasi gerak motorik, dan fleksibilitas para ibu hamil. Tapi perlu diingat, para ibu hamil tetap harus melakukannya dengan aman dan menghindari beberapa gerakan yang membahayakan seperti melompat, berputar dan gerakan cepat lainnya.

Sumber: Urbansportsclub.com | Domyos.co.uk

Tags: #hamil #kesehatan #olahraga

Makanan Yang Cocok Buat Ibu Hamil
Makanan Yang Cocok Buat Ibu Hamil
Halo bunda, kali ini saya akan membahas

Leave a reply "Olahraga Yang Dapat Membantu Proses Persalinan"

Must read×

Top